Admin tidak bertanggung jawab terhadap isi konten pada iklan yang muncul.

Membuat Sistem Alarm Sepeda Ontel Sederhana

Bersepeda merupakan salah satu olah raga yang menyenangkan. Harga sepeda pun beragam mulai dari yang paling murah ratusan ribu rupiah hingga yang paling mahal jutaan rupiah. Untuk anda yang memiliki sepeda tentu selalu ingin sepeda tersebut aman. Terlebih pada area perkotaan yang rawan akan pencurian. Untuk mengamankan sepeda anda, mayoritas orang memilih kunci mekanik pada umumnya. Namun kunci mekanik pada umumnya tetap dapat dibobol maling dengan cara memotongnya. Untuk menghindari hal tersebut serta menambah keamanan sepeda anda, disini saya memberikan ide sebuah sistem alarm sepeda.
Cara kerja sistem ini mirip dengan sistem penguncian sepeda mekanik. Pada bagian kunci ada wire yang berputar untuk kembali ke bagian kunci. Perbedaannya adalah sistem alarm ini akan berbunyi ketika wire terlepas pada dari bagian kunci dan tidak akan bisa senyap sampai anda memutar kunci pada sakelar kunci. Untuk menggunakan sistem ini anda hanya perlu mengaitkan kabel pada roda ke bodi atau ke tiang, sehingga ketika kabel ini terputus alarm akan berbunyi. 

Berikut adalah bahan pembuatan sistem alarm ini:

  1. Sakelar kunci
  2. Baterai 9V + Socket
  3. Led kedip (indikator kerja)
  4. Dioda zener 6v8 (indikator kerja tidak akan menyala saat daya baterai habis)
  5. Resistor 1K (ganti nilai resistansi lebih tinggi untuk mengehemat baterai, namun indikator lebih redup)
  6. Resistor 10K
  7. Dioda 1N4002
  8. Relay 6V
  9. Kabel
  10. Banana Plug(Male, Female)
  11. Transistor FET IRFZ44
  12. Buzzer 6V
  13. Box Universal ukuran sesuai kebutuhan
Hasil Pembuatan Admin:


Saran desain/pemasangan:
  1. Pemberian indikator berupa led kedip sebenarnya adalah opsional, jika anda menginginkan tidak terlalu sering mengganti baterai maka sebaiknya tidak menggunakan led. Saya pribadi menggunakan led supaya lebih terlihat keren dan menakut nakuti si maling hehe. Atau jika anda menginginkan keawetan lebih, anda bisa mengganti tahanan pada led menjadi lebih besar.
  2. Alarm akan tetap berbunyi ketika daya baterai dibawah normal. Karena saya menggunakan buzzer 6V sedangkan titik lemah baterai 9V adalah sekitar 8V.
  3. Sebaiknya anda menutup mur box menggunakan lem, atau lebih baik mengelemnya demi keamanan yang lebih. Untuk meningkatkan keamanan anda juga bisa meletakkan sistem ini yang sulit dijangkau atau tidak terakses oleh maling.
  4. Ingat! bahwa alat ini tidak mengunci sepeda anda, namun hanya memberikan peringatan ketika ada yang membobol/memotong kabel pengaman sepeda. Maka sebaiknya ada tetap mengunci sepeda dengan kunci mekanis.

Demikian bahasan tentang membuat Sistem Alarm Sepeda Ontel sederhana, jika ada pertanyaan, ide, dan saran silahkan layangkan dalam komentar. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Mohon dibaca sebelum berkomentar

Pertanyaan/komentar yang sering diajukan:

A. Saya mau beli kit bagaimana?
Jawab: "Klik tombol Beli KIT Elektronik"

B. Mohon kirim rangkian ke email saya .....
Jawab: "Link download sudah disediakan, silakan di cek kembali, Jika karena tidak bisa download, maka link akan kami perbaiki"

-Pertanyaan akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

- Pertanyaan/komentar sejenis A&B tidak akan ditampilkan.

- Untuk komentar yang sudah di jawab oleh komentar lain(bukan admin) tidak akan dibalas oleh admin.

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat.